Páginas

Kamis, 02 Agustus 2012

Cara Mengetahui Tipe Cintamu



TIPE CINTA

Cinta, sebagaimana manusia, memiliki tipe yang berbeda-beda. Hal itu tercermin dari penafsiran setiap orang yang berbeda-beda akan cinta.

· Ada yang menganggap cinta sama dengan seks. Jadi kalau saling cinta sudah seharusnya untuk melakukan hubungan seksual.

· Ada yang menganggap cinta adalah keinginan untuk menolong dan menjaga yang dicintai. Jadi, kalau kita mencintai seseorang, sudah selayaknya untuk menolongnya meski tidak diminta olehnya.



· Ada yang menganggap cinta adalah keadaan ketika kita merasa tak berdaya didepan ‘dia’; kita merasa tergetar, jantung berdegup kencang, bicara tidak lancar, dan salah tingkah.

· Ada pula yang menganggap cinta adalah ketika kita bisa saling berbagi apa-apa yang kita rasakan. Diluar itu, masih ada banyak penafsiran lain tentang cinta.

Semuanya mencerminkan kenyataan bahwa cinta memiliki variasi.

John Allan Lee mengidentifikasi adanya 6 jenis cinta, yakni tiga jenis cinta primer (eros, ludus, dan storge) serta tiga jenis cinta sekunder (mania, pragma, dan agape).

Tipe cinta primer merupakan tipe cinta utama yang paling jelas membedakan adanya perbedaan tipe dalam cinta. Sementara itu, tipe cinta sekunder merupakan perpaduan antara tipe-tipe cinta primer. Tipe cinta mania merupakan perpaduan antara tipe cinta eros dan tipe cinta ludus. Tipe cinta pragma adalah tipe cinta sebagai hasil perpaduan tipe cinta ludus dan storge. Sedangkan tipe cinta agape adalah perpaduan tipe cinta eros dan tipe cinta storge.

Ciri Eros :

1. Daya tarik fisik dan emosional yang kuat, komitmen terhadap yang dicintai.
2. Penuh gairah akan cintanya
3. Cinta pada orangyang diidealkan
4. Cinta pada pandangan pertama, berdasarkan daya tarik fisik dan keterbangkitan fisik.

Ciri Ludus :

1. Cinta dianggap sebagai suatu permainan (Game-Playing Love)
2. Tidak ada komitmen terhadap cinta dan pasangan
3. Tidak pernah ada kecemburuan yang sesungguhnya.
4. Tanpa adanya komitmen dan kecemburuan, maka cinta terbebas dari kecemasan dan selalu menyenangkan. Bagi mereka hal inilah yang dinilai sebagai cinta yang sesungguhnya.
5. Dapat mencintai lebih dari satu orang pada saat bersamaan
6. Dapat dengan mudah mencintai seseorang lalu beralih ke yang lainnya.

Ciri Storge :

1. Perasaan yang ada kurang berkobar-kobar tetapi mengandung afeksi yang dalam.
2. Komitmen kuat terhadap hubungan yang telah dibuat
3. Lebih sebagai hubungan persahabatan yang membutuhkan kepercayaan satu sama lain sepanjang waktu untuk membangunnya.

Ciri Mania :

1. Kombinasi Eros dan Ludus
2. Cinta yang obsesif, sangat intens, penuh kecemasan, dan posesif.
3. Yang dicintai dipikirkan terus menerus
4. Ada kebutuhan yang sangat besar untuk dicintai
5. Ada kebutuhan untuk menjamin cinta akan terus bertahan sampai kapanpun

Ciri Pragma :

1. Kombinasi Ludus dan Storge.
2. Cinta dipandang sebagai sesuatu yang realistik dan praktis.
3. Dalam menemukan yang dicintai dilihat kesamaan demografi dan kualitas kepribadian yang dibutuhkan untuk kecocokan dan lebih dari itu untuk keberlanjutan hubungan.

Ciri Agape :

1. Kombinasi Eros dan Storge.
2. Penuh perhatian pada yang dicintai tanpa adanya kepentingan pribadi.
3. Cinta dilihat sebagai sesuatu yang intens dan penuh persahabatan.
4. Mereka menambahkan kualitas cinta dengan keinginan saling menolong (altruisme), dimana kebutuhan yang dicintai didahulukan daripada kebutuhan-kebutuhannya sendiri.


Kuis : Cek Tipe Cintamu


Bagaimana kita bisa mengetahui tipe cinta yang kita miliki ? Berikut adalah skala sikap cinta (the love attitudes scale) yang disusun oleh Hendrick dan Hendrick (dari http://psychology.about.com/library)

Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan seakurat mungkin. Jika anda tidak sedang memiliki pasangan atau kekasih, jawab pertanyaan berikut dengan orang yang paling baru menghiasi pikiran anda. Jika tidak, jawablah berdasarkan perkiraan respon anda terhadap pernyataan-pernyataan yang ada.


Skala

1. Sangat setuju
2. Setuju
3. netral
4. tidak setuju
5. sangat tidak setuju

Skoring
Skor cinta anda bisa anda peroleh dengan memberikan nilai berdasarkan skala diatas pada setiap item. Jumlahkan dan bagi 7. Nilai terkecil yang anda dapat dalam satu jenis cinta berarti itulah jenis cinta yang anda miliki. Bisa jadi anda khas memiliki salah satu jenis cinta yang ada namun bisa juga kombinasi dari tipe-tipe.

Eros
ψ Pasangan saya dan saya saling tertarik segera setelah pertama kali berjumpa
ψ Percintaan kami sangat intens dan memuaskan
ψ Pasangan saya dan saya bisa dengan cepat saling terlibat secara emosional
ψ Pasangan saya dan saya sungguh-sungguh saling mengerti satu sama lain
ψ Pasangan saya dan saya memiliki fisik yang benar-benar sangat sesuai satu sama lain seperti campuran kimia.
ψ Saya merasa bahwa pasangan saya sangatlah berarti, dan saya sangat berarti baginya.
ψ Pasangan saya memenuhi standar ideal saya akan sebuah kecantikan/ketampanan.

Ludus
ψ Saya berusaha menjaga agar pasangan sedikitpun tak ragu akan kesetiaan saya terhadapnya
ψ Saya dapat dengan mudah melakukan selingkuh terhadap pasangan saya
ψ Bila pasangan saya terlalu tergantung pada saya, saya akan sedikit mundur
ψ Saya menikmati percintaan saya dengan beberapa pasangan saya
ψ Saya percaya bahwa pasangan saya tidak akan mengetahui kalau saya menyakitinya.
ψ Saya kadang-kadang harus menjaga pasangan saya agar tidak menemukan cinta saya yang lain.
ψ Pasangan saya akan terganggu bila ia tahu tentang beberapa hal yang pernah saya lakukan bersama orang lain.

Storge
ψ Sangat sulit untuk mengatakan bahwa persahabatan saya dengannya mulai beralih menjadi cinta
ψ Saya ingin selalu menjadi sahabat bagi pasangan saya
ψ Cinta kami didasari persahabatan yang dalam, bukan atas dasar emosi mistis yang misterius.
ψ Untuk menjadi terlihat nyata, cinta kami memerlukan sejenak perhatian.
ψ Cinta kami adalah cinta yang paling baik karena tumbuh setelah melalui persahabatan yang panjang.
ψ Persahabatan kami secara perlahan berubah menjadi cinta.
ψ Hubungan cinta kami adalah yang paling memuaskan karena dibangun dari persahabatan yang baik.

Pragma
ψ Saya memikirkan apa yang pasangan saya akan lakukan dalam hidupnya sebelum saya memiliki komitmen terhadapnya.
ψ Saya telah berusaha merencanakan hidup saya secara hati-hati sebelum memilih pasangan.
ψ Menurut saya, pasangan cinta yang terbaik adalah yang memiliki latar belakang yang sama.
ψ Sebelum melibatkan diri secara mendalam dengan pasangan saya, saya berusaha membayangkan kecocokan latar belakang keturunannya dengan latar belakang saya dalam rangka kemungkinan pemilikan anak
ψ Bagi saya, pertimbangan utama memilih pasangan adalah persetujuan keluarga saya.
ψ Bagi saya, faktor penting dalam memilih pasangan adalah apakah ia akan menjadi orangtua yang baik atau tidak.
ψ Bagi saya, salah satu pertimbangan dalam memilih pasangan adalah bagaimana ia akan dapat membantu karir saya.

Mania
ψ Ketika terjadi sesuatu yang tidak benar antara saya dan pasangan saya, perut saya mengalami gangguan
ψ Bila pasangan saya dan saya bertengkar, saya merasa tertekan sekali bahkan kadang saya berpikir untuk bunuh diri
ψ Kadangkala saya mendapatkan kesenangan yang luar biasa dalam merasakan cinta terhadap pasangan saya yang membuat saya tidak dapat tidur
ψ Semenjak saya jatuh cinta terhadap pasangan saya, saya mengalami gangguan konsentrasi dan berbagai hal lainnya.
ψ Ketika pasangan saya tidak membalas perhatian yang saya berikan padanya, saya merasa sakit.
ψ Saya tidak dapat bersantai bila saya tahu/mengira bahwa pasangan saya sedang bersama orang lain
ψ Bila pasangan saya mengabaikan saya untuk beberapa waktu, saya kadang-kadang merasa melakukan tindakan bodoh untuk mendapatkan perhatiannya kembali.

Agape

ψ Saya berusaha selalu membantu pasangan saya melalui waktu-waktu yang sulit baginya.
ψ Saya biasanya berkeinginan untuk mengorbankan keinginan saya demi pasangan saya agar mencapai apa yang diinginkannya.
ψ Bila pasangan saya marah rterhadap saya, saya tetap mencintainya sepenuhnya dan tanpa syarat.
ψ Apapun yang saya miliki adalah milik pasangan saya untuk digunakannya, bilamana ia memilihnya.
ψ Saya lebih suka saya yang menderita daripada pasangan saya yang menderita.
ψ Saya tidak dapat berbahagia kecuali jika saya memberikan kebahagiaan pada pasangan saya sebelum saya sendiri.Saya akan menanggung segala sesuatunya demi pasangan saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate