Páginas

Minggu, 03 Juni 2012

Alasan Ilmiah Mengapa Air Mata Wanita Bisa Luluhkan Pria

Wanita Menangis
Tel Aviv - Air mata seorang wanita sering memuluhkan dan meredam amarah seorang pria. Apa yang membuat ini terjadi?

Sebuah studi oleh ilmuwan Israel menemukan sebuah alasan yang tak terduga. Mereka menyimpulkan bukan air mata wanita yang menyebabkan, namun bau mereka yang memiliki efek ini.

Dalam serangkaian percobaan, mereka menemukan bahwa feromon dalam air mata perempuan mampu mengimbangi kadar testosteron pria. Selain itu, juga  dan mengurangi aktivitas di bagian otak yang bertanggung jawab untuk gairah seksual pria.

Alasan lain orang akan jatuh kasihan ketika seorang wanita menangis ketika bertengkar adalah bahwa air mata mengalir ke hidung dan menghasilkan suara sengau, yang menyerupai bayi. Hal ini mengaktifkan naluri pelindung primitif.

Sisi lainnya, hal ini dapat melumpuhkan kemampuan untuk membuat keputusan dengan kepala dingin dan rasional sampai batas tertentu.

"Sangat mudah untuk melihat keuntungan memiliki semacam sinyal kimia dalam air mata," kata Noam Sobel dari Weizmann Institute of Science di Rehovot, yang memimpin penelitian. "Pada dasarnya, Anda melindungi diri sendiri ketika Anda rentan."

Studi ini dilaporkan dalam jurnal Science yang terbit di Amerika Serikat tahun lalu dan dimuat kembali di situs berita populer Korea Selatan, Chosun Ilbo, hari ini.

Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata dan berisi segala macam bahan kimia, termasuk protein, enzim, dan produk-produk limbah metabolik. Air mata yang keluar karena alasan emosional sangat berbeda dengan air mata meneteskan sebagai refleks pelindung, misalnya ketika pasir masuk ke mata.

Pada beberapa hewan, air mata diketahui mengandung bahan kimia yang mempengaruhi bagaimana orang lain bersikap terhadap mereka. Tikus mol buta menggosok air mata ke dalam bulu, yang muncul untuk membuat tikus mol lain menjadi kurang agresif, kata Sobel.
http://www.tempo.co

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate