| SEKOLAH MENENGAH KEJURUANBIDANG KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASIPROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN |
Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC
Yang Tersambung Jaringan
Yang Tersambung Jaringan
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
| SEKOLAH MENENGAH KEJURUANBIDANG KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASIPROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN |
Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC
Yang Tersambung Jaringan
Yang Tersambung Jaringan
PENYUSUN
TIM FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
KATA PENGANTAR
Modul dengan judul “Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC Yang Tersambung Jaringan “ merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian dari kompetensi bidang keahlian Teknik Komputer dan informatika pada Program Keahlian Komputer dan Jaringan.
Modul ini menguraikan tentang cara mendiagnosis permasalahan pengopesian PC dalam jaringan. Pembahasan akan dimulai dari identifikasi permasalahan fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala-gejala yang muncul, Memilah-milah permasalahan berdasarkan kelompoknya sampai bagaiomana mengisolasi permasalahan yang muncul agar tidak mengganggu kerja sistem.
Modul ini terkait dengan modul lain yang membahas tentang Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI maupun text serta modul menginstalasi Perangkat Jaringan lokal (Local Area Network). Oleh karena itu, sebelum menggunakan modul ini peserta diklat diwajibkan telah mengambil modul tersebut.
Yogyakarta, Oktober 2004
Penyusun
Tim Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
DAFTAR ISI MODUL
Halaman
HALAMAN DEPAN ........................................................................ i
HALAMAN DALAM ........................................................................ ii
KATA PENGANTAR ....................................................................... iii
DAFTAR ISI MODUL ..................................................................... iv
PETA KEDUDUKAN MODUL ........................................................... vi
PERISTILAHAN / GLOSSARY .......................................................... viii
I. PENDAHULUAN ............................................................... 1
A. DESKRIPSI JUDUL.......................................................... 1
B. PRASYARAT .................................................................. 1
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL .................................. 2
1. Petunjuk Bagi Siswa .................................................. 2
2. Peran Guru .............................................................. 3
D. TUJUAN AKHIR ............................................................. 3
E. KOMPETENSI ................................................................ 3
F. CEK KEMAMPUAN .......................................................... 4
II. PEMELAJARAN ................................................................ 6
A. RENCANA PEMELAJARAN SISWA .................................... 6
B. KEGIATAN BELAJAR ...................................................... 7
1. Kegiatan Belajar 1: Mengidentifikasi Masalah Fungsionalitas Jaringan pada Perangkat Melalui Gejala yang Muncul ........................................ 7
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran................................. 7
b. Uraian Materi 1.................................................... 7
c. Rangkuman 1....................................................... 16
d. Tugas 1............................................................... 16
e. Tes Formatif 1..................................................... 17
f. Kunci Jawaban Formatif 1...................................... 17
g. Lembar Kerja 1.................................................... 20
2. Kegiatan Belajar 2: Memilah Masalah Berdasarkan Kelompoknya 23
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran ................................ 23
b. Uraian Materi 2.................................................... 23
c. Rangkuman 2....................................................... 32
d. Tugas 2............................................................... 32
e. Tes Formatif 2..................................................... 33
f. Kunci Jawaban Formatif 2...................................... 33
g. Lembar Kerja 2.................................................... 35
3. Kegiatan Belajar 3: Mengisolasi Permasalahan.............. 38
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran ................................ 38
b. Uraian Materi 3.................................................... 38
c. Rangkuman 3....................................................... 50
d. Tugas 3............................................................... 50
e. Tes Formatif 3..................................................... 50
f. Kunci Jawaban Formatif 3...................................... 51
g. Lembar Kerja 3.................................................... 53
III. EVALUASI ..................................................................... 55
A. PERTANYAAN ............................................................... 55
B. KUNCI JAWABAN EVALUASI ........................................... 55
C. KRITERIA KELULUSAN ................................................... 57
IV. PENUTUP ........................................................................ 58
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................... 59
PETA KEDUDUKAN MODUL
Diagram ini menunjukkan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan.
Keterangan :
HDW.DEV.100.(2).A | Menginstalasi PC |
HDW.MNT.201.(2).A | Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal |
HDW.MNT.203.(2).A | Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC |
HDW.MNT.204.(2).A | Melakukan perbaikan periferal |
HDW.MNT.101.(2).A | Melakukan perawatan PC |
HDW.MNT.102.(2).A | Melakukan perawatan periferal |
SWR.OPR.101.(2).A | Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) |
SWR.OPR.102.(2).A | Menginstalasi sistem operasi berbasis text |
SWR.OPR.100.(1).A | Menginstalasi software |
SWR.MNT.201.(1).A | Mem-Back-Up dan Me-Restore software |
NTW.OPR.100.(2).A | Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network) |
HDW.MNT.202.(2).A | Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan |
HDW.MNT.205.(2).A | Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan |
SWR.OPR.103.(2).A | Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) |
SWR.OPR.104.(2).A | Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text |
NTW.OPR.200.(2).A | Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) |
NTW.MNT.201.(2).A | Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) |
NTW.MNT.202.(2).A | Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) |
NTW.MNT.300.(3).A | Mengadministrasi server dalam jaringan |
A | Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network |
· Dalam tahap penyusunan SKKNI
PERISTILAHAN/GLOSSARY
Topologi : Cara menghubungkan komputer dalam jaringan
LAN Card : Sebuah periperal komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
Konektor : Suatu peripheral yang digunakan untuk menghubung-kan satu node ke node lain melalui kabel.
UTP : UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasang kabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua, empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakai dalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) dengan metode pengawatan
IP Address : Alamat Internet Protocol merupakan nama sebuah komputer yang terhubung dalam jaringan dalam bentuk aturan tertentu.
Sharing : penggunaan bersama sumber daya (peripheral dan data) yang terdapat dalam komputer dalam jaringan.
0 komentar:
Posting Komentar