Ketika menyampaikan presentasi, anda perlu melihat ke hadirin agar mereka tetap memperhatikan. Usahakan melihat ke setiap orang paling tidak dua kali selama anda berbicara. Dan tersenyum sesekali pada saat yang tepat. Sikap tubuh harus santai dan menunjukkan percaya diri. Bergeraklah dengan bebas dan menggunakan tangan untuk melukiskan apa yang anda maksudkan.
Ketika berbicara nadanya harus santai tapi antusias. Kalau bisa,
rekam presentasi anda, supaya anda dapat mengetahui bagaimana
kedengarannya bagi orang lain. Tidak usah berteriak tapi perlu suara
yang keras dan jelas. Mintalah pada seorang teman untuk mendengarkan dan
memberitahu seberapa jauh suara anda dapat didengar. Berikut latihan
sederhana untuk membantu suara anda. Ulurkan lengan
sejauh mungkin di depan wajah dengan telapak tangan menghadap ke anda.
Hitung sampai sepuluh dan arahkan suara ke tangan anda. Ketika berbicara, meskipun santai, bayangkan bahwa anda menujukan suara ke tangan anda. Anda akan surprise bahwa suara anda akan lebih kelas dan lebih keras. Dan buatlah variasi, biarkan suara anda naik turun pada waktu yang tepat. Ingat bahwa bahasa Inggris mengalir seperti sungai. Sekali lagi, minta seorang penutur bahasa Inggris untuk membantu tekanan dan intonasi yang benar.
Akhiri presentasi dengan kesimpulan dan ringkasan dari apa yang sudah dibahas. Kemudian tanyakan apakah ada pertanyaan. Beri waktu satu atau dua menit kepada hadirin untuk membuat pertanyaan. Selama waktu ini anda dapat mematikan OHP dan menyalakan lampu. Kalau ada pertanyaan dari seorang yang bicaranya pelan, ulangi supaya didengar oleh semua sebelum anda menjawab. Dan cek apakah jawaban anda memuaskan dengan bertanya, “Does that answer your question?”, “Apakah itu menjawab pertanyaanmu?”
Setelah waktu untuk tanya-jawab habis, agar hadirin tahu bahwa presentasi sudah selesai, katakan, “Well that concludes my presentation”, “Well sekian presentasi saya”. Dan ucapkan terima kasih.
Memperkenalkan diri.
L1: Selamat pagi semuanya.
English: Good morning everyone.
L1: Hari ini saya akan berbicara tentang Stress dan Pelajar Internasional.
English: Today I’m going to talk about Stress and the International Student.
L1: Presentasi saya akan berlangsung kira-kira 15 menit.
English: My talk will last about fifteen minutes.
L1: Pertama saya akan menjelaskan metodologi kami.
English: First I’ll take you through our methodology.
L1: Kemudian kita akan melihat hasil survey.
English: Then we’ll look at the results of the survey.
L1: Setelah itu saya akan menyampaikan kesimpulannya dan kemungkinan solusinya.
English: Following that I’ll discuss my conclusion and possible solutions.
L1: Dan kemudian saya akan menjawab pertanyaan.
English: And then I’ll take questions.
L1: Memperkenalkan pembicara pertama.
L1: Dan sekarang waktu saya serahkan kepada John, yang akan membahas tentang metodologi.
English: And now I’ll hand you over to John, who’ll discuss methodology.
L1: Kalian lihat dari slide pertama ini bahwa kebanyakan pelajar pernah merasa stress.
English: You can see by this first slide that the majority of students feel some degree of stress.
L1: Dan grafik ini menunjukkan penyebab utama stress berkaitan dengan rasa kangen rumah.
English: And this graph shows a major cause of stress is related to homesickness.
L1: Jadi kesimpulannya, pelajar yang menggunakan strategi ini dan mencari pertolongan, mendapati bahwa stress mereka mulai berkurang.
English: So in conclusion, the students who use these strategies and seek help, find that their stress starts to pass.
Menjawab pertanyaan.
L1: Ada pertanyaan?
English: Are there any questions?
L1: Apakah ini menjawab pertanyaanmu?
English: Does that answer your question?
L1: Dan sekian presentasi saya.
English: And that concludes my presentation.
L1: Mengucapkan terima kasih kepada hadirin.
L1: Terima kasih, kalian sangat membantu.
English: Thanks, you’ve been a great audience.
sejauh mungkin di depan wajah dengan telapak tangan menghadap ke anda.
Hitung sampai sepuluh dan arahkan suara ke tangan anda. Ketika berbicara, meskipun santai, bayangkan bahwa anda menujukan suara ke tangan anda. Anda akan surprise bahwa suara anda akan lebih kelas dan lebih keras. Dan buatlah variasi, biarkan suara anda naik turun pada waktu yang tepat. Ingat bahwa bahasa Inggris mengalir seperti sungai. Sekali lagi, minta seorang penutur bahasa Inggris untuk membantu tekanan dan intonasi yang benar.
Akhiri presentasi dengan kesimpulan dan ringkasan dari apa yang sudah dibahas. Kemudian tanyakan apakah ada pertanyaan. Beri waktu satu atau dua menit kepada hadirin untuk membuat pertanyaan. Selama waktu ini anda dapat mematikan OHP dan menyalakan lampu. Kalau ada pertanyaan dari seorang yang bicaranya pelan, ulangi supaya didengar oleh semua sebelum anda menjawab. Dan cek apakah jawaban anda memuaskan dengan bertanya, “Does that answer your question?”, “Apakah itu menjawab pertanyaanmu?”
Setelah waktu untuk tanya-jawab habis, agar hadirin tahu bahwa presentasi sudah selesai, katakan, “Well that concludes my presentation”, “Well sekian presentasi saya”. Dan ucapkan terima kasih.
Memperkenalkan diri.
L1: Selamat pagi semuanya.
English: Good morning everyone.
L1: Hari ini saya akan berbicara tentang Stress dan Pelajar Internasional.
English: Today I’m going to talk about Stress and the International Student.
L1: Presentasi saya akan berlangsung kira-kira 15 menit.
English: My talk will last about fifteen minutes.
L1: Pertama saya akan menjelaskan metodologi kami.
English: First I’ll take you through our methodology.
L1: Kemudian kita akan melihat hasil survey.
English: Then we’ll look at the results of the survey.
L1: Setelah itu saya akan menyampaikan kesimpulannya dan kemungkinan solusinya.
English: Following that I’ll discuss my conclusion and possible solutions.
L1: Dan kemudian saya akan menjawab pertanyaan.
English: And then I’ll take questions.
L1: Memperkenalkan pembicara pertama.
L1: Dan sekarang waktu saya serahkan kepada John, yang akan membahas tentang metodologi.
English: And now I’ll hand you over to John, who’ll discuss methodology.
L1: Kalian lihat dari slide pertama ini bahwa kebanyakan pelajar pernah merasa stress.
English: You can see by this first slide that the majority of students feel some degree of stress.
L1: Dan grafik ini menunjukkan penyebab utama stress berkaitan dengan rasa kangen rumah.
English: And this graph shows a major cause of stress is related to homesickness.
L1: Jadi kesimpulannya, pelajar yang menggunakan strategi ini dan mencari pertolongan, mendapati bahwa stress mereka mulai berkurang.
English: So in conclusion, the students who use these strategies and seek help, find that their stress starts to pass.
Menjawab pertanyaan.
L1: Ada pertanyaan?
English: Are there any questions?
L1: Apakah ini menjawab pertanyaanmu?
English: Does that answer your question?
L1: Dan sekian presentasi saya.
English: And that concludes my presentation.
L1: Mengucapkan terima kasih kepada hadirin.
L1: Terima kasih, kalian sangat membantu.
English: Thanks, you’ve been a great audience.
0 komentar:
Posting Komentar