Páginas

Selasa, 02 Oktober 2012

8 Hal Yang Membuat Bundesliga Menjadi Menarik

Kami sering menyaksikan sebuah pertandingan antar klub papan atas dari tribun penonton berdiri , menikmati bir, sementara dua wanita cantik membuat suasana jadi lebih ceria. Pemandangan asing tapi sangat menyenangkan ini digelar di Rhein-Neckar Arena milik tim Hoffenheim  dalam laga di Bundesliga dengan Frankfurt.
Serupa dengan suasananya, pertandingan itu sendiri berakhir  dengan menegangkan. Hasil akhir 3-3 membuat penonton puas atas penampilan para pencetak gol yang ikut pula mewarnai stadion tersebut dengan perayaan gol yang spektakuler. Karena semua itulah kami kesini. Daya tarik Premiere League , La Liga dan Serie A sudah sering diwartakan, tetapi Bundesliga-lah yang diam-diam mulai mendapat reputasi sebagai penyaji sepakbola yang paling menghibur dan bersahabat bagi para supporter di seantero eropa.
Kami pun tidak berpikir panjang lagi dan langsung berangkat ke pelosok Jerman lainnya untuk menyaksikan tiga laga dalam tiga hari. Cerita kami berlimpah.
1.     Semua Tiket Pertandingan SOLD  OUT!
Hal pertama yang kami sadari saat memasuki Bayer Arena, stadion Bayer Leverkusen pada pertandingan melawan Dortmund, adalah terisinya seluruh tempat duduk . Karena pertandingan itu di gelar pada Jumat malam waktu setempat,  kami menduga akan ada satu – dua tempat yang kosong. Nyatanya tidak. Hampir seluruh stadion di jerman pada hari itu dipastikan penuh. Catatan jumlah penonton di Bundesliga merupakan yang terbaik dibanding liga manapun di Eropa. Stadion-stadion di Bundesliga yang menampung rata-rata 40 ribu penonton tiap minggunya selalu di kunjungi tifosi mereka. Bagaimanapun penampilan tim yang mereka dukung, entah itu baik atau buruk, para supporter tetap datang ke stadion.
2.     Harga tiket di Jerman sangat terjangkau, dan semua orang dari berbagai kalangan bisa membelinya
Itulah alasan mengapa para penggemar selalu hadir terlepas dari dukungan mereka terhadap klub yang mereka cintai sejak lama. Kombinasi antara stadion-stadion dengan gaya terkini dan tiket murah kami temui saat mengunjungi Allianz Arena milik Bayern Munchen dalam laga melawan Schalke. Bagian depannya yang berpanel foil, media center berteknologi tinggi, dan tata letak ergonomis membuat Allianz Arena menjadi salah satu katedral baru sepakbola yang paling keren.
Harga tiket di inggris rata-rata 25 pound, sedangkan di Jerman hanya separuhnya. Dan klub-klub Jerman juga menyediakan kebijakan untuk para anak-anak kecil dan orang tua lanjut usia dengan menjual tiket di bawah harga rata-rata sekitar 5 -8 euro. Kebijakan moral itu memastikan bahwa semua orang yang ada di Jerman dapat menyaksikan tim kesayangannya langsung di dalam stadion. Hal ini sangatlah berbeda dengan klub klub lain di Eropa yang kepeduliaannya terhadap fans mereka sangat diragukan.
3.     Anda dapat minum bir selama pertandingan berlangsung
Di Inggris anda bisa menikmati bir, tapi tidak di dalam stadion dan saat pertandingan sedang berlangsung. Anda bisa menikmati bir di area sekitar stadion yang sengaja dibuat untuk membeli makanan kecil dan minuman saat waktu istirahat. Tidak dengan di Jerman. Di saat pertandingan berlangsung, anda akan selalu menemukan orang-orang yang membawa tong portabel berisi bir yang siap disajikan, tak lupa dengan kacang-kacang gurih yang selalu terikat di botol bir tersebut.
4.     Para pemain di Bundesliga entah kenapa selalu senang bergaya di depan kamera
Terutama para pemain Bayern Munchen selalu senang menghadapi fotografer, seaneh apapun situasinya. Dari Franck Ribery, Thomas Mueller, sampai Klose yang terlihat sangat pendiam sekalipun.  Terkadang Louis Van Gaal pun yang terlihat angker berkali – kali tampil di majalah sepakbola dengan menggunakan celana pendek sambil memegang segelas besar bir ditangannya. Fenomena ini mengingatkan kita pada masa-masa ketika sepakbola inggris belum terlalu serius.
5.     Jangan lupa, Bila anda tidak beruntung mendapatkan tiket masuk stadion, anda dapat menyaksikan pertandingan tim favorit anda di depan layar kaca
Ini melupakan dilema yang dihadapi sebagian besar penggemar Premiere League atau La Liga, Mengapa mereka harus berlangganan tv berbayar kalau tim favorit mereka jarang ditayangkan? Para pendukung tim seperti Wigan, Stoke City atau bahkan Bolton akan sangat iri jika tahu bahwa hal yang mereka rasakan tidak ada di Jerman.
6.     Bundesliga adalah liga yang paling sulit diprediksi dibanding liga lain di Eropa
Dari enam tim yang kami saksikan secara langsung di jerman, empat diantaranya Bayern Munchen, Bayer Leverkusen, Schalke dan Hamburg, diprediksikan akan bersaing memperebutkan gelar bersama Werder Bremen, Hoffenheim dan Wolfsburg. Berarti ada tujuh kandidat Juara! Hal ini sangat jelas membuat Bundesliga menjadi liga yang paling penuh kejutan di Eropa. Bahkan prediski bahwa klub-klub yang disebutkan diatas dikejutkan dengan nama klub Mainz yang sejak awal musim memenangkan seluruh 8 pertandingan perdana mereka di Bundesliga.

Ada beberapa fakta yang menarik yang patut kita ketahui, dalam 12 tahun terakhir ada tujuh klub yang berhasil merebut gelar (Premier League pada periode yang sama memiliki tiga juara berbeda, La Liga empat, dan Serie A lima). Gelar tahun 2009 bagi Wolfsburg merupakan sejarah baru bagi klub tersebut.  Pada tahun 1997-1998, Kaiserlautern merebut gelar Bundesliga setelah setahun sebelumnya berada di divisi dua Jerman. Tak hanya itu saja keseruan yang ditawarkan Bundesliga. Sepanjang 47 tahun sejarah Bundesliga perebutan gelar yang berlangsung hingga hari terakhir terjadi sebanyak 23 kali. Tiga kali diantaranya melibatkan lebih dari dua tim. Persaingan Bundesliga di musim ini pun tampaknya akan berlangsung hingga hari terakhir lagi.
7.     Sang Juara Mendapatkan Hadiah Menarik, Yakni sebuah Mangkuk Salad
Saat semuanya telah berakhir dengan menghasilkan satu juara yang lahir tanpa prediksi yang akurat dari para pengamat sepakbola di Jerman, tim yang berjaya tersebut berhak mendapatkan,……. sebuah mangkuk SALAD!
Salatschussel, yang merupakan piala yang berbentuk piring besar dibuat pertama kali pada tahun 1949 dengan menggunakan setengah kilo perak, dan dipersembahkan pertama kali untuk klub Koeln. Ini adalah trofi paling aneh yang pernah dimiliki liga-liga besar di Eropa. Dan satu fakta yang melengkapi tentang uniknya trofi ini adalah, trofi ini harus dibuat berulang-ulang setiap tahunnya dan semakin membesar karena tak ada lagi ruang tersisa untuk mengukir nama juara baru tersebut.
 
8.     THE H.U.M.B.A
Apa itu HUMBA?
Para pemain setelah menyelesaikan pertandingan di depan puluhan ribu pendukung dengan melakukan penghormatan dengan cara membungkuk tiga kali secara bersama-sama, dan dilanjutkan dengan para supporter yang membalasnya dengan hal yang sama. Dan dari belakang gawang, seorang supporter menggunakan mikrofon dengan berteriak kepada penonton lain “Teriak H” lalu mengulanginya dengan huruf U,M,B dan A. HUMBA! Tiap teriakannya disambut bersama sama dan setelah ritus ini selesai dilakukan, para pemain berlalu menuju kamar ganti.
Aksi HUMBA ini dimulai oleh para pendukung Mainz  pada pertengahan 90an. Setiap stadion memiliki versi yang berbeda, tapi gagasan dasarnya adalah para pemain dan pendukung duduk, dan melompat menyanyikan lagu secara bersamaan. HUMBA tidak memiliki makna, aksi itu sendiri menyimbolkan segala hal baik tentang Bundesliga; bahwa para fans, (bukan pemain , manager ataupun dewan direksi) adalah anggota terpenting sebuah klub sepakbola.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate