Páginas

Rabu, 26 September 2012

Pantai Sadranan, pantai pendamping yang tak kalah cantik


Masih di sekitaran kawasan pantai krakal tepatnya disebelah timur pantai Karakal terdapat pantai yang tak kalah cantiknya, nama pantai ni adalah pantai sadranan yang lokasinya berbatasan langsung dengan pantai Krakal disebelah baratnya dan pantai ngandong di sebelah timurnya. Walaupun tidak terlalu tekenal pantai ini dibanding pantai pantai yang lain namun pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Anda tinggal mengarahkan kendaraan anda pantai sadranankearaj timur dari pantai Krakal kemudian ikuti petunjuk papan arah yang anda jumpai pasti anda tidak akan tersesat untuk mencapai pantai ini. Pantai ini berada agak masuk dari jalan utama, penghubung antara jalan beraspal dengan pantai sadranan in merupakan jalan bebatuan dan tanah.
Jarak pantai ini dari kota yogyakarta sekitar 70 km, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi jalan yang berkelok kelok serta naik turun dengan pemandangan yang lumayan indah. Keindahan pantai seakan melepaskan semua rasa penat yang hinggap selama perjalanan kurang lebihdua jam dari Yogyakarta ini. Kondisi air lautnya yang kelihatan biru serta pasir putihnya berpadu serasi dengan langit yang berhiaskan awan putih sebuah pemandangan yang menakjubkan dan indah dipandang mata.
Nama pantai Sadranan diambil dari satu tradisi yang sering dilakukan ditempat ini yakni upacara ritual yang dinamai Nyadran. Ritual ini diadakan pada hari hari tertentu setiap tahunnya. Dan karena keindahaannya sering kali pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat pengambilan gambar untuk acara prewedding.
Untuk memasuki pantai sadranan ini anda akan dikenai retribusi perorang kurang lebih Rp. 3.000,-. Kenyamanan pantai sadranan ini pantai sadrananseperti halnya sebagian besar pantai digunungkidul yakni adanya batu batu karang yang dapat meredam ombak yang besar sehingga terlihat ombak di pantai ini sangat tenang untuk dinikmati. Fasilitas yang ada sudah mulai merebak di kawasan pantai ini, mulai dari warung warung makan yang menyediakan anekan makanan dan minuman dan juga menyediakan beberapa kamar mandi sebagai tempat berbilas selepas menikmati air laut dipinggiran pantai ini. Bagi anda yang ingin menginap anda bisa mencari penginapan disekitar pantai krakal karena jarak ke pantai ini tidak lebih dari 0,5 km.
How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum dari yogyakarta menuju wonosari kemudian berganti jurusan ke arah pantai krakal. (Catatan belum begitu banyak angkutan umum yang melayani rute Wonosari – Pantai Krakal/Sadranan)
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Tempat terdekat :
  1. Pantai Sarangan, pantai didekat pantai krakal

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate