Páginas

Rabu, 02 Mei 2012

7 Puncak Tertinggi di Dunia

Peta Ketujuh Lokasi Seven Summits
Apa sih Seven Summits itu? Menurut Wikipedia, The Seven Summits are the highest mountains of each of the seven continents. Summiting all of them is regarded as a mountaineering challenge, first postulated as such in the 1980s by Richard Bass (Bass et al. 1986). Jadi artinya Seven Summits adalah tujuh puncak tertinggi dari ketujuh benua di dunia. Inilah sedikit bahasan tentang ketujuh puncak tertinggi itu.

1. Mount Everest, Asia

Siapa yang tak mengenal Mount Everest, Puncak ini sering dijadikan tempat tantangan untuk di daki oleh para pendaki pro. Gunung Everest (Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari permukaan laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha dan di Tibet gunung ini disebut dengan Chomolungma. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia. Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari permukaan laut.

2. Aconcagua, South America

Gunung Aconcagua (22.841 kaki) terletak di provinsi Mendoza, Argentina barat. Aconcagua adalah salah satu puncak tertinggi di dunia dan menjadi anggota Seven Summits. Musim terbaik untuk mendaki gunung ini adalah di akhir Desember, januari, februari serta maret. Pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak adalah Mathias Zurbriggen Swiss. Dia mencapai titik tertinggi di Aconcagua pada tanggal 14 Januari 1897, mengikuti jejak barat laut (Normal Route), yang sejak itu menjadi jalan paling populer untuk menuju puncak Aconcagua.

3. Mt. McKinley (Denali), North America

Gunung McKinley (Denali) adalah gunung tertinggi di Amerika Utara dan mungkin gunung tunggal yang paling mengesankan di dunia - semua puncak yang lebih tinggi di Himalaya yang lebih besar atau di Andes, bagian dari pegunungan besar. McKinley juga mungkin gunung terdingin di dunia di luar Antarktika. Reputasi sebagai puncak yang sangat didambakan berasal dari lokasinya yang dekat Lingkaran Arktik dan Samudra Pasifik yang menjadikannya cuaca paling ganas di dunia. Karena cuaca dan kemudahan akses, beberapa pendaki McKinley gunakan sebagai tempat pelatihan untuk mendaki puncak 8.000 meter dari Himalaya, termasuk Everest.

4. Kilimanjaro, Africa

Gunung Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di Afrika, di timur laut Tanzania dekat perbatasan Kenya, terletak dengan dua puncak yang tertutup salju untuk 5,898.7 m (19.340 kaki). Gunung ini adalah gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung, dan 5895 m dari permukaan air laut (dpl). Termasuk golongan jenis gunung api strato dan sudah tidak aktif lagi saat ini. Gunung Kilimanjaro sekarang mulai kehilangan salju yang menyelimuti puncaknya. Gletser yang menyelimuti puncak gunung ini sejak 11.700 tahun yang lalu semakin menipis. Dua puncak Kilimanjaro pertama kali didaki pada tahun 1889.

5. Elbrus, Europe

Gunung Elbrus adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di pegunungan Kaukasus barat, di Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia, Rusia, dekat perbatasan Georgia. Puncak tertinggi Mt. Elbrus adalah gunung tertinggi di Kaukasus, di Rusia. Walaupun ada perbedaan authorties pada bagaimana Kaukasus didistribusikan antara Eropa dan Asia, banyak sumber setuju bahwa Elbrus juga merupakan gunung tertinggi di seluruh Eropa. Mt. Elbrus (KTT barat) berada pada 5.642 meter (18.510 kaki); puncak timur sedikit lebih rendah pada 5.621 meter (18.442 kaki).

6. Vinson Massif, Antartica

Vinson Massif adalah gunung tertinggi di Antartika, yang terletak sekitar 1.200 km (750 mil) dari Kutub Selatan. Gunung ini sekitar 21 km (13 mil) panjangnya dan 13 km (8 mil) lebar. [2] Pada 4.892 meter (16.050 kaki) titik tertinggi adalah Gunung Vinson, yang bernama pada tahun 2006 oleh US-ACAN. [3] ujung selatan massif berakhir di Hammer Kol, yang bergabung ke Massif Craddock, yang titik tertinggi adalah Gunung Rutford (4.477 m). Gunung ini pertama kali diliha oleh pengintai penerbangan pesawat Angkatan Laut AS dari Stasiun Byrd pada Januari 1958. Nama Vinson Massif diberikan oleh Komite Penasehat Antartika (US-ACAN), Carl Vinson sendiri merupakan ketua dewan urusan pertahanan angkatan laut dan memiliki peranan besar dalam penelitian dan Eksplorasi di Antartika pada periode 1935 sampai 1961.

7. Puncak Jaya (Carstensz Pyramid), Oceania

Menurut beberapa orang asing yang pernah mendakinya, menaiki Cartenz adalah sebuah misteri tersendiri di rimbunnya hutan alam papua tersebut, serta ekspedisi mereka di tonton oleh orang-orang dari suku pedalaman yang masih berkoteka. Cartenz ini merupakan satu-satunya daerah yang bersalju di Indonesia. Gunung ini dulu pernah bernama Poentjak Soekarno dan merupakan gunung tertinggi kedua di Asia Tenggara. Puncak Jaya adalah salah satu dari Tujuh Puncak Utama dunia. Ekspedisi Piramida Carstenz dimulai dari Zebra Wall (3.500m), nama Zebra ini datang dari motif yang unik seperti kulit Zebra pada dinding batu. Motif ini tentu saja diciptakan ribuan tahun yang lalu.

Itulah Ke-Tujuh puncak tertinggi di dunia saat ini. Mungkin anda mau mendaki salah satunya, seperti Puncak Jaya, yang masih berada di Indonesia atau ingin mendaki ketujuh puncak itu? Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan kalian semua.

Referensi :
- Wikipedia
- Answers
- RifkyMedia
- Google

0 komentar:

Posting Komentar

Translate