Páginas

Senin, 07 Mei 2012

Cara Menghilangkan Virus Copy of shortcut + Recycler




Virus copy of shortcut dan Recycler (ramnit) memang sekarang sedang naik daun. Banyak komputer yang terinfeksi dan terkena imbasnya. Untuk membersihkan Virus copy of shortcut dan Recycler (ramnit) memang gampang gampang susah. Kadang kita sudah bisa membersihkannya, tetapi ternyata beberapa saat kemudian muncul kembali. Nah, dalam kesempatan ini, sobatpc.com akan mencoba sharing bagaimana cara menghilangkan dan membersihkan Virus copy of shortcut dan Recycler (ramnit). Berikut tutorialnya.
Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda coba untuk menghilangkan virus copy of shortcut dan recycler (ramnit)
  1. Download File ISO Dr.Web LiveCD terlebih dahulu, klo belum punya silahkan download di http://download.geo.drweb.com/pub/drweb/livecd/
  2. Setelah software Dr.Web LiveCD berhasil di download, burn kedalam CD/DVD.
  3. Hubungkan USB Flash dan HDD eksternal ke komputer.
  4. Booting komputer melalui CD/DVD ROM.
  5. Kemudian akan muncul layar “Welcome to Dr.Web LiveCD”.
  6. Pilih “Dr.Web LiveCD (Default)” kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboard.
  7. Tunggu beberapa saat sampai muncul interface Dr.Web LiveCD yang akan menampilkan aplikasi “Dr.Web Scanner” secara otomatis. Dr.Web Scanner ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap komputer sobat dari kemungkinan adanya virus.
  8. Untuk Scan HDD, pada layar “Dr.Web Scanner” pilih lokasi Drive yang akan di periksa dan pastikan sobat check list opsi “Scan subdirectories” agar Dr.Web dapat melakukan pemeriksaan terhadap direktori dan subdirektori agar pembersihan lebih optimal. Jika layar Dr.Web Scanner tidak muncul klik ganda icon “Dr.Web Scanner” yang terdapat pada Desktop.
  9. Kemudian klik tombol [Start] untuk memulai proses pemeriksaan (scan).
  10. Tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai dilakukan. Jika ditemukan adanya virus, Dr.Web akan menginformasikan file yang terinfeksi dan jenis virus yang menginfeksi pada kolom informasi virus yang tersedia.
  11. Klik tombol [Select All] untuk memilih semua objek/file yang akan di bersihkan atau sobat dapat menentukan file mana saja yang akan sobat bersihkan dengan check list pada opsi yang tersedia.
  12. kemudian klik tombol [Cure] untuk membersihkan file yang telah terinfeksi virus.
  13. Tunggu sampai proses pembersihan selesai dilakukan.
  14. Scan ulang komputer untuk memastikan komputer bersih dari virus.
  15. Restart komputer.
Insya allah virus copy of shortcut + recycler (ramnit) sudah hilang dari PC sobat. Semoga cara menghilangkan virus copy of shortcut + recycler (ramnit) ini bisa membantu sobat ! amien …
Oya. kebetulan kalo koneksi internet sobat tidak bersahabat, ada baiknya sobat lakukan beberapa tips di bawah ini agar virus tidak terlalu bergoyang-goyang di kompi sobat dengan cara ngeblok file duplikat virus ramnit dengan menggunakan fitur ”Software Restriction Policies”. Tapi fitur ini hanya ada pada system operasi Windows XP Pro, Vista, 7, Server 2003 dan Server 2008. Ya sambil nunggu Dr.Web LiveCD di download ma sobat. Caranya silahkan lihat di bawah ini :
  1. Klik menu [Start]
  2. Klik [Run]
  3. Pada dialog box RUN, ketik SECPOL.MSC kemudian klik tombol [OK]
  4. Setelah muncul layar ”Local Security Policy”, klik kanan menu “Software Restriction Policies” dan klik ”Create New Policies” atau ”New Software Restriction Policies” jika menggunakan Windows Vista/7
  5. Kemudian klik kanan pada menu ”Additional Rules”, kemudian pilih ”New Hash Rule…”
  6. Kemudian akan muncul layar” New Hash Rule”. Pada kolom ”File Hash”, klik tombol [Browse]  dan tentukan salah satu file duplikasi virus yang mempunyai icon ”Folder” dengan ukuran 105 KB (contoh C:WindowsExplorermgr.exe) kemudian klik tombol [Open]. Pada kolom ”Security Level”, pilih [Disallowed]. Kemudian klik tombol [OK]
Sekian . semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate